Oleh: orihime88 | Desember 31, 2008

Influenza, bukan sekedar Batuk dan Pilek lho..

Kita tentunya mengenal Influenza atau biasa disebut flu. Penyakit ini dapat menyerang siapapun tua muda maupun anak-anak. Penyebabnya adalah Virus Influenza yang menyerang saluran pernapasan yang bersifat akut dan penularannya amat cepat karena dapat melalui kontak udara saat berbicara, batuk dan bersin.

Virus Influenza termasuk dalam kelompok Orthomyxoviruses yang terbagi dalam tiga tipe, yaitu : A, B, dan C. Tipe A terkenal paling cepat penularannya dan dapat menyebar pada kelompok penduduk secara local, nasional bahkan global. Mungkin tidatidak banyak disadari bahwa sebenarnya virus Influenza menular selama 1-2 hari sebelum gejalanya terlihat, sehingga penularannya sulit dihentikan.

Gejala awal

Ditandai dengan demam mendadak disertai menggigil, sakit kepala, badan lemah, nyeri otot di punggung dan anggota gerak lainnya, seperti persendian.

Rasa ini akan bertahan selama 3-7 hari. Bila sudah parah, gejala tersebut akan berganti dengan gejala penyakit saluran pernafasan seperti batuk, pilek, dan sakit tenggorokan. Kadang-kadang juga disertai gejala sakit perut, mual, dan muntah membuat tubuh lemas, wajah, mata tampak kemerah-merahan dan mata berair.

Banyak yang mengatakan batuk pilek biasa disebut flu, padahal tidak itu saja, Influenza jika sudah stadium berat dapat menyebabkan komplikasi infeksi sekunder berat yang dapat merusak sel-sel selaput lendir saluran pernafasan, membuat penderita mudah sekali terserang penyakit berbahaya lain, seperti Pneumokokus, yang menyebabkan radang paru (Pneumonia) yang berbahaya.

Masa Inkubasi

Masa inkubasi penyakit ini berlangsung kurang lebih selama dua hari, disusul demam dengan suhu tubuh mencapai 39 sam 39,5 derajat celcius. Sementara timbulnya gejala dan tanda Influenza, berjarak sekitar 1-4 hari. Keluhan yang paling sering dirasakan pada saluran pernafasan mula-mula ringan, sakit menelan, batuk, dan pilek. Namun, lama-lama menjadi keluhan utama pada 1-2 hari berikutnya. Bahkan dapat menimbulkan bronkhitis dan radang paru.

Cara penyembuhan dan pencegahan

Penyakit ini sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya bila tanpa disertai komplikasi. Menurut seorang ahli pulmonologi, tubuh manusia punya sistem melawan virus influenza, tapi harus ditunjang dengan banyak istirahat dan makanan bergizi. Reaksi dari system ini, akan menyebabkan penderita mengalami hidung merah dan mampet, namun hal ini merupakan reaksi pertahanan tubuh normal. Penderita hendaknya memperbanyak istriahat, Berhati-hati untuk mengkonsumsi obat flu yang beredar di pasaran. Menurut Ron Eccles, direktur pusat influenza di Universitas Cardiff, tidak ada obat flu yang dapat menolong secara efektif.

Pebanyaklah minum air putih untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama demam. Berkumur dengan air hangat sambil menghirup uapnya, dapat menjadi alternative sederhana yang efektif untuk memerangi flu sekaligus mem-perlancar pernafasan pada penderita. Sementara pencegahan, dapat dilakukan dengan memelihara pola hidup sehat, mengkonsumsi makanan sehat, olahraga teratur serta istirahat yang cukup.

Sumber : Majalah Muzakki edisi Syawal 1427 H / November 2006


Responses

  1. PERTAMAX

    salam kenal!
    hehehe, permasalahan yang lebih hangat lagi kan kalau misalnya penggunaan Antibiotik yang semena mena, karena, Virus itu mahluk yang pintar jadi Virus mampu membuat serum kebal buat antibiotik
    🙂

  2. salam kenal juga.. 🙂
    iya sih, tapi untuk penekanan ke orang lain itu yang susah agar tidak selalu mengandalkan si antibiotik hanya untuk mengatasi influenza padahal dengan istirahat, olahraga yg cukup and konsumsi buah2an(ber vitamin C) sudah sangat manjur.
    teknologi semakin canggih virus pun ikut2an..
    dasar tuh si virus bisanya cuma ngekor..hihi

    makasih comment nya..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: